CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 13 September 2008

LOMBA KARYA TULIS REMAJA

Saat ini tengah terjadi pembengkakan jumlah remaja di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Jumlah remaja Indonesia mencapai 22 persen atau sekitar 44juta jiwa. Sayangnya, pemahaman remaja tentang kesehatan reproduksi masih rendah. Kekurangfahaman remaja tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) bukan semata-mata kegagalan mereka. Namun informasi yang tersedia jauh daricukup, akses kepada pusat informasi dan konsultasi remaja juga masih terbatas.
Tidak tersedianya informasi yang akurat dan benar tentang kesehatan reproduksi memaksa remaja bergerilya mencari akses dan melakukan eksplorasi sendiri melalui berbagai media, mulai dari buku, majalah, film, sampai dengan internet yang memaparkan kenikmatan hubungan seks tanpa mengajarkan tanggung jawab dan risiko yang dihadapi. Dilain fihak, masyarakat justru berupaya keras menyembunyikan segala hal tentang seks, pandangan bahwa seks adalah tabu untuk dibicarakan membuat remaja enggan untuk mendiskusikannya terutama dengan anggota keluarganya sendiri.
Pengetahuan remaja mengenai masalah kesehatan reproduksi masih relatif rendah. Untuk usia 15-24 tahun pengetahuan laki laki hanya 46,1% dan pengetahuan perempuan hanya sekitar 43,1% (SKRRI, 2002-2003). Dari data lain diketahui hanya 55% remaja yang mengetahui proses kehamilan dengan benar, 42% mengetahui tentang HIV/ AIDS dan hanya 24% mengetahui tentng PMS (Baseline Survey, 1999). Tidak mengherankan bila kemudian dampak dari kebuntuan dan minimnya informasi remaja tersebut menimbulkan berbagai persoalan dikalangan remaja, mulai dari soal narkoba, HIV/AIDS, sampai hubungan seks pra nikah.
Merebaknya persoalan remaja berangkat dari pergaulan negatif. Bagi sebagian remaja, pergaulan atau gaul merupakan sebuah keharusan. Sayangnya pergaulan yang dilakoni seringkali tidak diimbangi dan dibentengi dengan citra diri.
Sehubungan dengan hal itu, untuk mengetahui tingkat pemahaman para remaja tentang kesehatan reproduksi, dipandang perlu dilakukan Lomba Karya Tulis bagi remaja dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional (HARGANAS XIII) 2006.

0 komentar: